Rayap Kayu Kering VS Rayap Tanah

Seringkali, pemilik bangunan tidak mengenali jenis rayap yang menyerang bangunan mereka. Padahal, secara umum ada 2 tipe rayap; rayap tanah dan rayap kayu kering.

Secara mudah, rayap kayu kering merupakan bawaan dari kayu tersebut dan bukan berasal dari tanah. Gejalanya pun mudah dikenali dengan kehadiran butir2 bulat berwarna kuning dibawah furniture/plafon ataupun piano dll.

Rayap kayu kering anggota koloninya kecil dan bahkan dalam suatu bingkai lukisan bisa saja terdapat 4(empat) buah koloni rayap kayu kering. Kecepatan merusak rayap kayu kering sangatlah pelan namun pasti dan membutuhkan waktu tahunan untuk merusak sebuah bingkai lukisan. Sarang rayap kayu kering berada dalam kayu yang dirusak dan penyebarannya lambat.
Sedangkan kalau rayap tanah memiliki gejala dengan hadinya jalur tanah berwarna kemerahan / berpasir maupun berwarna hitam. Rayap jenis ini sarangnya berada di dalam tanah dan jumlah anggota koloninya jutaan.

Rayap tanah memiliki kecepatan merusak yang luar biasa, tergantung besar koloninya. Mereka bisa menyerang seluruh bangunan dalam hitungan minggu, tergantung jenis dan besar koloninya.
Kami sendiri pernah menangani serangan rayap Coptotermes di lantai 32 suatu apartemen. Rekor tercatat adalah di Hawaii yang menyerang lantai 56.

Tinggalkan Balasan